Resep Masakan

Resep Menchi Katsu | Masakan Jepang

Makan Kenyang gak bosan-bosannya mencoba resep-resep dari Jepang. Karena yang pertama mudah, kedua rasanya enak, ketiga harganya lebih murah dibandingkan makan direstoran.

Kali ini Makan Kenyang akan membagikan resep masakan Jepang yang gampang banget, yaitu Menchi Katsu.

Yuk mulai membuat

Bahan:

katsu

  • 100 gram bawang bombay
  • 150 gram daging giling
  • 6 butir telur puyuh rebus (optional)
  • ½ sm Garam
  • ½ sm Lada
  • Sejumput pala
  • 1 butir telur ukuran kecil (kocok)
  • 1sm Saus Tonkatsu
  • ½ Sm Saus tomat
  • Tepung roti
  • 1 butir telur untuk pelapis
  • Tepung
  • Kol (optional)

Langkah:

  1. Potong bawang bombay hingga ukuran kecil katsu1
  2. Campurkan bawang bombay, daging giling, garam, lada, pala, telur kocok, saus tomat, saus tonkatsu hingga tercampur rata katsu2
  3. Hasil setelah diaduk katsu3
  4. Bagi jadi beberapa bagian, dan bulatkan dengan cara dipindahkan menggunakan kedua tangan (saya bingung gimana ngomongnya hahaha)  hingga bulat dan rata. Udaranya hilang dan menjadi padat. Masukan telur puyuh rebus ditengah dan lakukan hal tersebut lagi.katsu7katsu6
  5. Begini hasilnya! Lalu diamkan dikulkas kurang lebih ½-1 jam katsu8
  6. Potong kol untuk dijadikan salad pendamping katsu4buang bagian yang ada tulisan cropnya (kalo sayang digado aja, tapi pahit) katsu5
  7. Lapiskan bola daging kita dengan tepung, telur, dan tepung roti katsu9
  8. Hasilnya ! katsu10
  9. Digoreng dengan api sedang dan jangan langsung dibalik agar tidak hancur.
  10. JADI! katsu11

TIPS!

  • Kalau ingin lapisannya lebih tebal bisa diulang dari terlu ke tepung roti
  • Kalau gak mau diisi telur puyuh juga boleh, atau kalau mau dikasih keju mozzarella lebih mantap lagi
  • Yang gak tau saus tonkatsu itu apa, ini nih penampakannya, ada yang bilang Japanese Worcestershire Sauce, yah intinya ini kecap inggris tapi Jepang punya hahaha. Tapi jangan diganti kecap inggris yang ada dirumah yah. Kalau gak ada menurut Makan Kenyang dilewatkan juga gpp. Harganya sebotol ukuran 300Ml itu IDR47K sudah lama belinya dan sepertinya sudah naik. Beli di Diamond Artha Gading, tapi di Hero juga ada, tapi di carrefour jarang ada.tonkotsu

Sekian resep mudah dari Makan Kenyang, selamat mencoba ♥

2 thoughts on “Resep Menchi Katsu | Masakan Jepang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s